D'Ocean Aquarium : Menjual Berbagai Jenis Ikan Hias Air Laut, Invertebrata Laut, Coral/Terumbu karang,Life Rock, Pasir Laut, Air Laut, serta Perlengkapan dan Aksesori Aquarium Laut

Sabtu, 09 Maret 2013

Tips Pemeliharaan Akuarium Laut




 Berikut ini beberapa tips untuk memelihara ikan hias air laut .
  • Anda jangan terburu-buru memasukkan ikan air asin ke dalam akuarium. Hal ini bertujuan agar kondisi akuarium mendekati dengan lingkungan aslinya terlebih dahulu. Jadi, air dalam akuarium harus mempunyai siklus nitrogen, sehingga dapat menumbuhkan bakteri-bakteri pendukung dalam kehidupan air asin. Pada umumnya bakteri-bakteri ini akan muncul pada minggu ke 4 setelah siklus dimulai.
  • Anda jangan memasukkan ikan terlalu banyak dalam akuarium. hal ini dapat membuat ikan stres dan mudah mati. Selain itu, Anda juga jangan meberikan makanan ikan dalam jumlah banyak karena dapat membuat akuarium lebih cepat kotor. Akibatnya, kualitas air akan cepat menurun sehingga akan mempermudah ikan laut Anda sakit dan mati.
  • Anda perlu melakukan aklimatisasi. ikan baru yang akan dimasukan ke dalam akuarium terlebih dahulu harus disesuaikan suhunya dengan suhu akuarium. Caranya ambangkan ikan yang masih dalam plastiknya di akuarium sekitar 20 menit, setelah itu buka dan masukan sedikit air akuarium ke dalam plastik ikan baru dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, ikan baru dimasukan kedalam akuarium.
  • Anda hanya cukup memberikan makan, 1 kali saja. Ikan laut Anda sebaiknya tidak terlalu sering diberi makan, 1 kali sehari dirasa sudah cukup. Makanan yang berlebihan akan cepat menurunkan dan mengurangi kualitas air dalam akuarium.
  • Lengkapi akuarium dengan karang hidup sebanyak mungkin untuk menjaga kualitas air secara alami. Gunakan karang yang berwarna ungu atau bayak bagian batangnya yang berwarna ungu.
  • Anda perlu menambahkan tumbuhan air laut. Tumbuhan ini dapat membantu menjaga kesetabilan kualitas air, terutama rumput asam (Caulerpa sertularioides), rumput jarum (Chaetomorpha) atau anggur hijau. Tumbuhan ini dapat mengurangi kadar nitrat dan membuat akuarium lebih menyegarkan bagi ikan.
  • Gantilah air sekitar 20% dari jumlah air dalam akuarium. Penggantian air ini perlu dilakukan setiap 2 minggu sekali.
  • Jagalah pH air agar tidak teralu rendah atau terlalu tinggi. Jika pH air yang terlalu renda Anda bisa menggunakan obat Kalkwasser. Adapun untuk melihat kadar garam Anda bisa menggunakanHydrometer.
  • Gunakan protein skimmer untuk menjaga kualitas air laut. Semua akuarium laut, baik ditoko ikan hias maupun di Seaworld semua memakai protein skimmer.
  • Berikan ikan Anda udang pellet. Udang pelet sangat bermanfaat karena senang memakan bakteriWhitespot (bintik-putih) yang sering muncul pada tubuh ikan.
  • Jagalah suhu air. Suhu yang baik untuk ikan adalah 28 derajat celcius dan untuk suhu koral 20 derajat celcius.

1 komentar: